Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lari, Olahraga Untuk Orang Gemuk Yang Bagus

Olahraga Untuk Orang Gemuk

OLAHRAGA UNTUK ORANG GEMUK








Olahraga Untuk Orang Gemuk? Olahraga untuk orang gemuk agar kurus sebenarnya tidak bisa di tentukan hanya pada satu jenis olahraga. 

Olahraga apapun, selama membuat fisik menjadi aktif bergerak, maka olahraga itu baik untuk dilakukan oleh orang yang punya masalah berat badan berlebih.

Namun bila dilihat dari manfaat dan intensitas olahraganya, maka bisa dibilang berlari dan latihan pembentuk otot adalah jenis olahraga yang paling bagus untuk orang gemuk.

Olahraga lari bisa membantu menurunkan berat badan karena lari membantu memperbaiki sistem kardio dan sistem metabolisme tubuhmu. 

Ini akan membuat tubuh aktif membakar kalori berlebih dan mengurangi kemampuan tubuh menyimpan kalori tersebut menjadi lemak.




Berapa Berat Badan Yang Termasuk Obesitas?

Menurut World Health Organization (WHO), seseorang dikategorikan mengalami obesitas jika memiliki nilai Index Massa Tubuh ≥ 30 kg/m².

Artinya, kita dikategorikan obesitas jika berat badan kita lebih dari 30kg dari berat ideal tubuh.

Contohnya seperti berikut:

Untuk menghitung BB ideal rumusnya adalah berat badan dikurangi 100. Maka,

Tinggimu 170cm - 100
Berat badan idealmu adalah 70kg

Namun, jika berat badanmu adalah 120kg, maka kurang lebih berat badanmu sudah bisa dibilang obesitas karena nilai IMT ≥ 30 kg/m².


Namun, nilai IMT tidak bisa selalu menjadi penilaian yang akurat, terutama jika seseorang memiliki massa otot yang lebih banyak daripada jumlah lemak di tubuh.

Atlet binaraga atau orang yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi cenderung memiliki massa otot yang besar dan kita tidak bisa bilang bahwa orang tersebut kegemukan. Ini karena berat berlebih dari orang itu berasal dari massa ototnya.

Oleh karena itu sebelum melakukan olahraga untuk orang gemuk, perlu ada pemeriksaan komposisi tubuh secara lebih lengkap sebelum seseorang dinyatakan mengalami obesitas.


Baca juga 8 Hal Penting Sebelum Mulai Lari Untuk Membakar Kelebihan Berat Badan | Jika kamu memilih lari untuk membantu mencapai berat ideal, berikut 8 hal yang harus diketahui.



Tiga Bentuk Olahraga Untuk Penderita Obesitas

Untuk penderita obesitas, penting untuk melakukan kombinasi dari tiga jenis olahraga berikut:

Cardiovascular atau aerobik 

Jenis olahraga ini melibatkan gerakan tubuh yang berulang dan intensitas sedang hingga tinggi seperti misalnya berlari. 

Olahraga kardio dapat membantu membakar kalori berlebih, meningkatkan kapasitas penyerapan oksigen di paru-paru, melancarkan sirkulasi darah, serta memperkuat otot jantung.

Strength training

Olahraga kekuatan atau strength training melibatkan gerakan tubuh yang melawan gravitasi atau resistensi, seperti angkat beban atau dengan berat badan sendiri seperti push up, sit up, squat, lunges, dll. 

Olahraga seperti ini meningkatkan massa otot dan kekuatan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan membantu membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat (afterburn effect).

Fleksibilitas atau peregangan

Olahraga fleksibilitas melibatkan gerakan tubuh yang melenturkan otot dan sendi, seperti yoga, pilates, atau peregangan.

Olahraga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerakan tubuh, mengurangi risiko cedera, dan membantu mengurangi stres dan ketegangan otot setelah strength training atau cardio tadi.


Baca juga Cara Menghilangkan Lemak di Perut Dengan Lari | Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Berlari adalah salah satu cara menghilangkan lemak di perut.



Bolehkah Orang Gemuk Lari?

Apakah orang gemuk boleh lari? Ya tentu saja! Selama kamu masih bisa berdiri, menggerakan 2 kaki, dan masih bisa berkeringat, kamu masih sangat bisa untuk berlari.

Tentu, cara latihan dan intensitas olahraga untuk orang yang gemuk perlu di sesuaikan dengan kondisi fisik. Namun secara garis besar orang gemuk boleh berlari.

Memang, ada yang bilang orang gemuk sebaiknya jangan lari karena beban yang harus ditanggung oleh lutut akan sangat besar.

Tapi bukankah lebih berbahaya untuk orang gemuk kalau tidak mulai olahraga dari sekarang?

Bahaya dari kurangnya olahraga pada tubuh akan jauh lebih besar, dibandingkan bahaya karena beban pada lutut karena berlari.


Baca juga kurang olahraga dapat terlihat pada tanda yang diberikan oleh tubuh. Berikut 12 tanda dari tubuh yang kurang olahraga



Apakah Lari Sore Itu Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ya bisa. Namun lari sore hanya bisa menurunkan berat badan asal dibarengi dengan mengatur pola makan dan jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh.

Selain itu, rutinitas lari sore tersebut sebaiknya dikombinasikan dengan latihan pembentuk otot seperti plank, push up, sit up, lunges, squat, dan latihan beban agar massa otot terbentuk.

Kenapa kita perlu lari sekaligus juga membentuk otot? 

Ini agar resiko terjadinya cedera lari bisa diminimalisir, sekaligus mengurangi jumlah kalori yang akan disimpan menjadi lemak.

Baca juga 10 Manfaat Jogging Sore | Manfaat jogging sore ada banyak sekali. Berikut beberapa hal yang perlu kita tahu saat sedang lari sore dan berbagai manfaat jogging sore. | Manfaat lari sore.



Lari di Siang Hari Apakah Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ya bisa. Namun sama seperti lari sore tadi, lari siang hanya bisa menurunkan berat badan asal dibarengi dengan mengatur pola makan dan jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh.

Tentu lari siang akan lebih panas secara suhu udara dan membuatmu berkeringat lebih banyak. Secara teori, ini memang akan membakar lebih banyak kalori

Bagi orang awam, memang lari di siang hari terlihat seperti olahraga paling baik untuk orang gemuk agar kurus.

Akan tetapi bila tidak dibarengi pengaturan pola makan dan jumlah kalori, maka usaha menurunkan berat badan akan susah dilihat hasilnya.


Baca juga Jadwal / program olahraga untuk menurunkan berat badan selama 8 minggu. Berikut jadwal dan program olahraga untuk menurunkan berat badan.



Berapa Kali Lari Untuk Menurunkan Berat Badan?

Tidak ada angka yang pasti soal berapa kali kita harus lari supaya berhasil menurunkan berat badan. 

Semua itu tergantung kondisi fisik, jumlah kalori yang dikonsumsi, dan seberapa intens olahraga yang kamu lakukan.

Menurunkan berat badan adalah proses yang panjang dan satu-satunya yang bisa menjamin keberhasilan adalah rutin berolahraga, seberapa baik kamu mengatur pola makan, serta seberapa banyak jumlah kalori harian yang kamu konsumsi.

Baca juga Target penurunan berat badan bisa saja gagal dan berhasil. Pelajari bagaimana agar tidak hilang motivasi dengan target penurunan berat badanmu. | Target turun BB.



Lari Tiap Hari Apakah Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ya bisa, namun sama seperti beberapa pertanyaan diatas, semua tergantung dengan bagaimana kamu bisa rutin olahraga dan mengatur pola makan serta jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu.

Lari setiap hari memang akan membakar banyak kalori, namun apa gunanya kalau jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhmu jauh lebih banyak dari jumlah kalori yang kamu bakar dengan berlari?

Lari memang olahraga yang bagus untuk orang gendut, tapi yang akan berdampak langsung dengan penurunan berat badan adalah pengaturan pola makan dan jumlah kalori yang kamu makan.


Baca juga Lari setiap hari apakah bagus? Aman tidak lari setiap hari? Apa efek jika terlalu sering berlari? Berikut tips olahraga lari setiap hari



Sepatu Lari Untuk Orang Gemuk

Sepatu lari untuk orang gemuk sebaiknya memiliki ekstra cushion untuk menahan beban dari berat badan saat lari.

Selain itu, kamu juga perlu bukti kalau sepatu ini direkomendasikan oleh pelari yang memang memiliki masalah berat badan. 

Untuk itu, kamu bisa baca review sepatu dari seorang pelari marathon dengan berat badan 300 pound di sini.

Oleh karena itu, jika merujuk pada 2 hal diatas, maka Runners Case bisa merekomendasikan Hoka One Clifton 5 sebagai sepatu lari untuk orang gemuk yang bisa kamu beli di sini.

Namun, jika kamu ingin melihat-lihat rekomendasi sepatu lari yang lain, original, dan dengan harga terjangkau, kamu bisa lihat koleksi Runners Case di sini.


Baca juga Jika kamu memilih lari untuk membantu mencapai berat ideal, berikut 8 hal yang harus diketahui sebelum membakar kelebihan berat badan dengan berlari. | Menghilangkan kelebihan BB.



Video

Runners case juga membahas singkat tentang olahraga untuk orang gemuk di video berikut.







Tips Olahraga Untuk Orang Gemuk

Orang yang punya berat badan berlebihan biasanya memilih lari sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. 

Namun, untuk mulai lari pasti timbul keraguan dan pertanyaan "apa bisa ya? " atau "bagaimana cara nya? " dsb. Berikut beberapa tips lari untuk orang dengan berat badan berlebih. 


Minta analisa kondisi fisik dari dokter sebelum lari

Periksakan kondisi sebelum mulai lari. Beritahu dokter apa dan bagaimana tujuan yang ingin kamu capai dari olahraga lari untuk orang gemuk ini. 

Minta dokter menganalisa rencana lari dan prediksi kesehatanmu. 

Bicarakan juga jika kamu pernah punya cedera yang mungkin akan mempengaruhi program larimu nanti.

Dokter mungkin akan memberikan tips dan memintamu melakukan tes lari di treadmill untuk melihat apakah ada resiko pada sistem kardiovaskular (jantung) mu. 

Jika dokter melihat bahwa kamu belum siap untuk lari, tanyakan apa saja yang harus dilakukan agar tubuhmu siap untuk berlari. 

Orang dengan berat badan berlebih butuh analisa kondisi fisik yang menyeluruh dari dokter sebelum mulai lari.


Pilih sepatu yang tepat sebelum lari

Beban ekstra dan tekanan pada sendi serta tendon membuat seorang pelari rentan cedera. Namun ini bisa di minimalisir dengan pemilihan sepatu lari yang tepat sebelum lari. 

Sebaiknya beli lah sepatu larimu di toko sepatu resmi atau toko olahraga. 

Biasanya pegawai toko seperti ini mampu menganalisa sepatu lari yang cocok untukmu berdasarkan bentuk kaki, tipe tubuh, dan gaya/cara mu berjalan dan berlari.

Selain itu, bergantung pada berat badan, trek lari, pace lari, dan cara lari, sebaiknya gantilah sepatumu setiap 450 - 800km. 

Sepatu lari untuk pelari overweight secara umum lebih cepat aus dan lebih sering perlu diganti. Oleh karena itu memilih sepatu yang tepat sebelum lari sangat penting.


Baca juga 15 Tips memilih sepatu lari agar uangmu tidak terbuang sia-sia untuk sepatu lari yang tidak akan pernah kamu pakai. | Tips Memilih Sepatu Lari.


Mulai lari secara perlahan

Olahraga untuk orang gemuk harus dimulai dari intenistas yang ringan dulu. 

Mulai lari langsung 10k di hari pertama lari adalah cara bagus untuk mendapatkan cedera. Ga percaya?  Coba aja!  

Lari dengan intensitas pace dan jarak yang berlebihan di awal-awal lari bisa membuatmu kamu ngesot pas pulang. 

Sebagai orang dengan berat badan berlebih, mulai lari secara perlahan adalah hal yang penting karena kamu butuh membiasakan diri dulu. 

Mulailah dengan rutin berjalan kaki selama 5-10 menit setiap hari.

Secara perlahan, tambah waktu jalan kaki harianmu sampai 30 menit jalan kaki perhari. 

Baru kemudian kamu bisa menambahkan lari ke aktivitas rutin harianmu seperti lari pagi maupun lari sore. 

Intinya, mulailah proses larimu dengan lebih dulu berjalan kaki.


Baca juga Manfaat olahraga lari untuk bakar lemak memang terkenal. Namun, manfaat apa yang bisa olahraga lari berikan untuk proses pembakaran lemak lemak? | Olahraga untuk bakar lemak.


Lakukan kombinasi lari - jalan kaki

Berlari dengan berat badan berlebih akan terasa susah jika kamu hanya terus-menerus berlari. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengkombinasikan lari dan berjalan kaki untuk membentuk daya tahan mu sedikit demi sedikit.

Ini adalah strategi yang Bagus karena kamu tetap bisa meningkatkan daya tahan, menguatkan sistem kerja kardiovaskular, dan terhindar dari cedera karena overtraining


Baca juga Manfaat metode walk run sangat berguna untuk proses recovery dan proses rehabilitasi cedera bagi pelari. Berikut manfaat metode walk run. | Metode lari-jalan kaki.


Cara latihan kombinasi lari-jalan kaki untuk pelari overweight

Mulai dengan melakukan gerakan pemanasan dinamis pada tubuh secara menyeluruh dengan ditambahkan jalan kaki selama 10 menit untuk membuat darah mengalir lancar ke otot kaki. 

Selanjutnya, lari santai selama 1 menit dan jalan kaki selama 2 menit. Pastikan saat jalan kaki, badan tidak lemes dan asal-asalan. 

Saat jalan tubuh harus di buat kuat melangkah kedepan. Ingat bahwa jalan kaki disini bukanlah istirahat dari lari, tapi merupakan bagian penting agar kamu mendapatkan peningkatan pada kondisi sistem kardiomu. 

Ulangi latihan diatas sampai sekitar 15-20 menit kemudian akhiri dengan jalan santai selama 5 menit sebagai pendinginan.

Jika nanti kamu merasa kondisi tubuhmu makin bagus dan pernapasan saat lari makin baik, maka kamu sudah siap untuk menaikkan sedikit intensitas latihanmu ini karena itu tandanya level aerobikmu sudah sedikit meningkat.

Jadi naikkan waktu lari yang awalnya cuma 1 menit menjadi 3 menit. 

Kemudian kurangi waktu jalan kaki yang awalnya 2 menit jadi 1 menit. 

Kamu bebas mengubah waktu lari dan jalan kaki tergantung kondisi tubuhmu.


Baca juga Metode lari walk run adalah metode untuk berlari yang diselingi dengan jalan kaki. Pelari pemula wajib membiasakan diri untuk melakukan metode walk run


Saatnya lari lebih intens

Begitu kamu sudah merasa daya tahan larimu membaik, saatnya untuk mulai menaikkan level intensitas lari. 

Tantanglah dirimu untuk selalu menaikan batasan usahamu sedikit demi sedikit. 

Ini berguna supaya kamu tidak bosan dengan jadwal rutinitas larimu plus menambah jumlah kalori yang terbakar sehingga tubuhmu makin fit. 

Ini saatnya bakar lebih banyak kalori dengan lari lebih intens.

Untuk memulai menaikan intensitas lari, coba joging santai selama 5-8 menit kemudian lari lebih cepat (sprint kalau bisa) selama 30 detik dan akhir dengan lari santai lagi selama 1 menit. 

Ulangi pola ini selama 3-4 kali dan lakukan pendinginan selama 5-10 menit. 

Lakukan latihan diatas selama mungkin sampai kamu merasa tubuhmu sudah terbiasa dan latihan tersebut terasa enteng dilakukan. 

Setelah itu coba naikkan durasi sprintnya menjadi 1-3 menit atau kamu bisa mulai trail running


Bentuk otot dengan latihan beban

Cobalah sisihkan satu atau dua hari khusus untuk latihan yang membentuk otot. 

Bukan cuma untuk bakar lemak, latihan seperti angkat beban mampu menambah jumlah massa otot yang pada akhirnya akan sangat membantu sesi larimu. 

Dengan meningkatnya massa otot, kamu akan mampu berlari lebih cepat dan stabil. 

Plus ketika semakin banyak otot yang terbentuk, semakin banyak pula timbunan lemak yang mampu dibakar tubuh.

Tidak perlu ke gym untuk membentuk otot. Latihan-latihan seperti push up, sit up, burpee, dan bicycle kick beserta variannya adalah latihan yang bisa kamu coba dirumah.


Baca juga Slow Run atau Fast Run, Mana Yang Lebih Baik Untuk Bakar Lemak? | Bakar lemak dengan slow run dan fast run.



Program & Jadwal Olahraga Lari Untuk Orang Gemuk

Program atau jadwal olahraga untuk orang yang gemuk perlu dibuat secara khusus agar pelari tersebut bisa mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari olahraga yang dilakukan. 

Selain itu, program olahraga untuk orang gemuk juga harus bisa melindungi mereka dari intensitas yang berlebihan, sehingga resiko terjadinya cedera bisa diminimalisir.

Jadwal lari berikut menggunakan metode walk run, dimana seorang pelari mengkombinasikan lari dan jalan kaki dalam durasi tertentu.

Metode walk run berfungsi untuk menaikkan level aerobik secara perlahan sehingga stamina bisa meningkat. 

Ketika stamina meningkat maka otomatis kita bisa lari lebih jauh dan lebih lama.



olahraga untuk orang gemuk

olahraga kardio untuk orang gemuk

jadwal lari orang gemuk

tips olahraga pelari gemuk



Baca juga Penyebab berat badan susah turun walaupun sudah olahraga dengan rutin ada beberapa faktor. Berikut penyebab susah turun berat badan dan solusinya. | Kenapa menurunkan berat badan itu susah?



Kenapa Olahraga Tidak Langsung Menurunkan Berat Badan?

Olahraga dapat membantu dalam menurunkan berat badan, namun tidak selalu langsung. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mengapa olahraga tidak langsung menurunkan berat badan, antara lain:


Kalori dan pola makan berantakan

Jika jumlah kalori yang masuk dari makanan dan minuman masih lebih banyak daripada kalori yang dikeluarkan saat olahraga, maka berat badan masih akan naik atau sulit menurun.

Olahraga untuk orang gemuk harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Kita tidak bisa makan apapun dan kapanpun kita suka, lalu berharap berat badan akan selalu stabil.


Variasi jenis olahraga

Jika kita hanya melakukan satu jenis olahraga secara terus-menerus, pembakaran kalori menjadi tidak efisien dan performa lari menjadi macet karena plateau. Oleh karena itu, penting untuk memvariasikan jenis olahraga yang dilakukan.


Faktor metabolisme dan tipe tubuh

Faktor metabolisme dan genetik dapat mempengaruhi penurunan berat badan meskipun seseorang sudah melakukan olahraga secara rutin. 

Selain itu, tipe tubuh juga berpengaruh. Ada orang yang punya tipe tubuh susah kurus, dan ada juga yang punya tipe tubuh susah gemuk. Oleh karena itu, memiliki berat badan ideal sebenarnya susah untuk semua orang. Baik untuk mereka yang kurus, maupun untuk mereka yang gemuk.

Baca juga Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh | Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Berikut efek lari pada metabolisme. | Metabolisme.




Kenapa Olah Raga Malah Jadi Gemuk?

Mungkin selama ini kamu sudah rutin olahraga, tapi entah kenapa berat badan malah bertambah. Sebenarnya hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:


Kompensasi setelah olahraga

Habis berolahraga, kita mungkin merasa sangat lapar dan merasa bahwa kita pantas makan lebih banyak makanan. Namun, seringkali makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga memiliki kalori yang melebihi jumlah kalori terbakar saat olahraga tadi.


Cuma sekedar olahraga

Jenis dan durasi olahraga yang dipilih harus disesuaikan dengan target penurunan berat badan yang ingin dicapai. Banyak dari pelari yang berpikir bahwa lari saja sudah cukup untuk menurunkan berat badan, dan itupun cuma satu kali seminggu.

Padahal ada hal-hal yang perlu kita lakukan selain lari untuk memperbesar kemungkinan berat badan menurun. Inilah kenapa sangat penting untuk punya program latihan yang sesuai dengan olahraga untuk orang gemuk


Stres karena gagal menurunkan BB

Banyak orang yang ketika gagal mencapai target penurunan berat badan, mereka cenderung jadi stres dan kembali makan banyak untuk melupakan perasaan frustasi tersebut.

Padahal, stres ini bisa memicu hormon kortisol yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan memperlambat metabolisme tubuh.


Tidak menambah massa otot

Semakin banyak massa otot di tubuh, semakin susah lemak terbentuk di tubuh kita. Olahraga yang teratur, tepat, dan bervariasi dapat meningkatkan massa otot. Mencoba menurunkan berat badan tanpa berusaha membentuk massa otot akan sangat menyulitkan, dan cenderung bisa berujung pada kegagalan.


Baca juga Penyebab berat badan susah turun walaupun sudah olahraga dengan rutin ada beberapa faktor. Berikut penyebab susah turun berat badan dan solusinya. | Berat badan susah turun.



Kenapa Orang Gendut Tidak Boleh Lari?

Orang gendut dapat berolahraga lari, namun memang ada risiko cedera atau komplikasi kesehatan yang lebih serius dibanding mereka yang tidak gendut. Ada beberapa alasan mengapa orang gendut mungkin sulit untuk berlari, antara lain:

Berat badan yang berlebihan beresiko pada sendi, terutama pada sendi lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Saat sedang berlari, ada banyak tekanan yang diterima pada berbagai sendi tersebut sehingga  risiko cedera dapat meningkat.

Selain itu, orang yang kelebihan berat badan selama bertahun-tahun bisa jadi memiliki penyakit jantung dan masalah pernapasan.

Memang semua hal di atas adalah resiko yang mungkin akan kita hadapi, namun resiko dari tubuh yang memiliki timbunan lemak sebenarnya jauh lebih berbahaya. Memilih lari sebagai olahraga orang gemuk tidak salah, yang salah adalah saat kita menyerah begitu saja untuk memiliki tubuh lebih sehat dan hidup yang lebih baik.

Untuk orang yang gemuk, kita bisa memodifikasi olahraga untuk orang gemuk dengan metode walk run tadi, agar kita tetap bisa olahraga kardio tanpa memberikan beban berlebihan pada tubuh. 

Selain itu, perbanyak latihan beban yang bisa membangun massa otot. Semakin banyak massa otot yang bisa dibentuk, semakin sedikit lapisan lemak yang akan disimpan oleh tubuh.

Intinya, untuk orang gemuk, lari secara full dengan intensitas dan jarak yang jauh memang tidak disarankan. Akan lebih baik jika kita mengkombinasikan joging-jalan kaki, serta lebih rutin latihan beban. Nanti jika berat badanmu sudah semakin mendekati berat ideal, barulah kamu bisa lebih sering lari.


Baca juga Cara ngecilin paha yang permanen ditentukan oleh banyak sekali faktor. Berikut solusi konkret jika kamu mau tahu cara ngecilin paha dengan berlari. | Cara ngecilin paha.



Kesimpulan

Olahraga untuk orang gemuk bisa dengan olahraga apapun selama olahraga tersebut membuat tubuh aktif bergerak. 

Namun bila dilihat dari intensitas dan efeknya, maka olahraga kardio seperti lari dan olahraga pembentuk otot (push up, sit up, angkat beban, dll) adalah olahraga yang paling cocok untuk orang gemuk.

Jadwal atau program olahraga lari untuk orang gemuk juga perlu dibuat khusus agar penggunanya bisa mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari jadwal tersebut. 

Sekaligus juga menghindarkan pengguna dari olahraga berlebihan yang bisa memicu terjadinya cedera.





sumber : 

The Overweight Runners Guide by runnersblueprint

The Best Running Shoes For Overweight People by 300poundsandrunning





Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Christine Luff, ACE-CPT, pelatih personal dan spesialis nutrisi kebugaran.





Artikel Lainnya Yang Setopik

Cara agar berat badan naik terdiri dari 2 hal utama, makanan dan olahraga. Ayo pelajari cara agar berat badan naik secara alami di sini! | Cara menaikkan BB.

Menghitung pembakaran kalori bisa dengan kalkulator kalori terbakar. Namun, kamu juga bisa sendiri untuk menghitung pembakaran kalori dengan cara ini. | Cara hitung pembakaran kalori.

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Berikut efek lari pada metabolisme. | Cara meningkatkan metabolisme

Cara membakar lemak paling cepat adalah dengan lari, latihan otot, dan defisit kalori. Berikut cara-cara membakar lemak paling cepat. | Cara bakar lemak.

Olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak adalah lari interval. Pelajari bagaimana cara membakar lemak dengan olahraga kardio terbaik di sini. | Olahraga kardio untuk bakar lemak.

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan perlu dipelajari lebih jauh sebagai pelari. Berikut panduan olah raga yang cepat menurunkan berat badan. | Olahraga untuk menurunkan BB.

Olah raga menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan berbagai olahraga fisik, terutamanya berlari. Berikut cara olah raga menurunkan kolesterol. | Cara menurunkan kolesterol dengan olahraga.

Body goal bisa kita capai dengan berlari. Apa saja tips-tips yang perlu kita tahu? Berikut segala yang perlu kamu tahu tentang body goal. | Cara mencapai body goal dengan lari.

Tips kurus tanpa diet dan olahraga teridiri dari 2 aspek penting. Pelajari di sini bagaimana tips kurus tanpa diet dan olahraga.  | Tips kurus tanpa diet dan olahraga.


Demikian pembahasan untuk olahraga untuk orang gemuk kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!


Last update : 2/11/23

Posting Komentar untuk "Lari, Olahraga Untuk Orang Gemuk Yang Bagus"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan